Beginner Makeup Guide #1 : FOUNDATION

February 17, 2016


Tulisan ini ditujukan kepada pemula yang lagi belajar makeup. Aku bikin #BeginnerMakeupGuideSeries karena banyak yang masih bingung tentang makeup, gimana cara milih produknya, cara makenya gimana, urutannya apa dulu, dll. Makanya aku bikin post khusus buat bahas all about makeup. Walaupun aku beginner juga sih. Tapi nggak ada salahnya berbagi informasi kepada yang belum mengetahui kan? :3  Di part pertama ini.. aku akan bahas FOUNDATION. Karena foundation itu merupakan hal paling dasar dalam dunia perlenongan (baca : makeup). This post is gonna be very long so prepare yourself :D
  • Apa itu foundation? Foundation sendiri artinya 'dasar'. Jadi kalo kamu makeupan itu ibarat melukis di atas kanvas. Biar hasilnya bagus, kita pasti butuh kanvas yang mulus, bersih, dan bagus. Begitu juga dengan muka. Foundation dipakai untuk meratakan warna kulit, menutupi noda di wajah, mencegah minyak berlebih di muka, pokoknya menciptakan muka terlihat flawless.
Next..
.

  •  TYPES OF FOUNDATION

Berdasarkan coverage (daya tutup) nya, foundation dibagi menjadi 3 :

1. Sheer/Light Coverage. Coverage nya tipis sekali. Hanya berfungsi sebagai 'dasar'. Pro : Cocok digunakan sehari-hari karena ringan. Con : Tidak mampu menutupi noda. Contoh : Tinted moisturizer

2. Medium Coverage. Karena medium, foundation jenis ini coveragenya tengah-tengah. Nggak terlalu berat di muka. Pro : Mudah ditemukan, biasanya foundation itu medium coverage. Con : Noda di wajah belum tertutup sempurna jika kamu punya masalah serius dengan noda di wajah. Contoh : Liquid Foundation yang medium coverage, BB Cream

[[Baca juga : Review Garnier BB Cream vs Wardah BB Cream]]

3. High/Full Coverage. Tipe foundation seperti ini coveragenya tinggi, jadi berat di muka. Biasanya dipakai untuk ke acara-acara formal di mana kamu membutuhkan muka terlihat flawless dalam waktu yang cukup lama. Pro : Menutupi noda dan skin imperfection dengan nyaris sempurna, bikin muka terlihat flawless. Con : Berat di muka dan cakey kalo dipakai lebih dari 1 layer. Contoh : Cream foundation, stick foundation.

Nah di atas tadi pembahasan foundation berdasarkan coveragenya. Lanjut,

Foundation berdasarkan jenis/texturenya.

1. Liquid Foundation


Foundation ini bentuknya cair. Biasa dikemas di botol dengan pump, botol kaca, atau di tube yang berbahan plastik gitu.
Foundation tipe liquid atau cair ini gampang di-blend di muka, cukup natural, serta masih bisa lah dipakai sampai 2 layer tanpa terlihat cakey banget. Tapi karena bentuknya cairan, suka takut meluber ke mana-mana.

[[Baca juga : Review Mustika Ratu Beauty Queen Matte Foundation - Caramel]]

2. Cream Foundation


Selanjutnya yaitu Cream Foundation. Bentuknya ada yang satuan, ada juga yang pallete isinya berbagai warna. Biasanya yang pallete itu dipakai sama makeup artist gitu sih.
Foundation jenis ini biasanya menjanjikan full coverage, makanya teksturnya agak seret dan thick, kalau dipakai lebih dari 1 layer pasti bikin cakey.


3. Powder Foundation


Produk ini merupakan perpaduan antara bedak dengan foundation. Sehingga produk ini bisa dibilang "bedak yang mengandung foundation". Bedanya apa sama bedak biasa? Kalau bedak biasa fungsinya biasanya hanya untuk menahan minyak di wajah, sedangkan 'bedak berfoundation' ini juga memberikan coverage. Multifungsi gitu sih. Tersedia 2 bentuk. Loose powder foundation/tabur, serya compact powder foundation/padat.

4. Stick Foundation


The most cakey-est foundation kalau kamu tidak bisa memakainya dengan benar. Bentuknya stick. Kemasan luarnya mirip lah sama lipstick, awas ketuker ya :D Foundation tipe seperti ini praktis sih nggak perlu colek-colek lagi, langsung bisa diaplikasikan dari kemasannya. Tapi bakal bikin muka keliatan cakey kalo nggak diblend dengan baik. Agak seret waktu diaplikasikan.

5. MOUSSE FOUNDATION


Last but not least, Mousse Foundation. Mousse? Tikus? Itu mah mouse. Oke lanjut. Jadi tekstur mousse ini kayak cream tapi lebih ngembang (?) Kayak krim kue gitu lah. Aduh maapin aku tidak bisa mendeskripsikan tesktur dengan baik :| Pokoknya teksturnya kayak krim kue gitu deh.

Lanjut gak nih? Lanjut ya.

Foundation berdasarkan finishing/hasil akhirnya

Jadi udah pada tau dong ya jenis-jenis foundation apa aja? Nah sekarang aku mau berbagi informasi
Bagaimana memilih jenis foundation yang pas sesuai jenis kulit masing-masing.

1. Oily/Berminyak. Hindari foundation yang ada embel-embel 'moisturizing' atau 'hydrating'. Gunakan foundation yang ada 'oil control' nya atau 'matte'. Disarankan memakai foundation yang hasilnya matte biar menahan minyak berlebih.

2.  Normal. Jenis kulit normal, yang artinya tidak kering dan tidak berminyak, bisa bebas memilih mau memakai foundation yang matte atau yang dewy. Semuanya bakal terlihat bagus. Apalagi pakai foundation yang finishingnya satin :3


3. Dry/Kering. Bagi pemilik kulit kering, tidak disarankan menggunakan foundation yang finishingnya matte, Karena bakal bikin muka sangat kering. Disarankan menggunakan foundation yang berpelembab atau ada embel-embel 'moisturizing'/ 'hydrating'. Lebih bagus lagi menggunakan foundation yang hasil akhirnya dewy biar muka nggak terlihat kering dan biar lebih keliatan 'sehat'
.
4. Sensitive/Acne Prone. Kalau kulit kamu berjerawat, mending mengindari produk makeup dulu karena kulit berjerawat itu lebih baik disembuhkan, bukan ditutupi. Tapi kalau mau pake foundation, gunakanlah yang khusus untuk kulit berjerawat. Untuk kulit sensitive agak susah sih. Karena nggak tau bakal cocok atau nggak. Jadi daripada beli foundation ukuran normal, lebih baik kamu beli/minta sample nya aja dulu buat ngetes  cocok atau nggak di kulit kamu. Kalau cocok baru deh aman buat beli size aslinya.

NAH setelah tau tipe kulit dan jenis foundation yang cocok, ada 1 hal terpenting nih. yaitu Memilih warna foundation yang tepat
Karena orang Indonesia tuh kebanyakan pake foundation yang warnanya jauh lebih terang dari warna kulitnya, berharap keliatan lebih cerah gitu. PADAHAL ITU SALAH BESAR. Warna foundation jauh lebih terang itu tidak membuat kulit terlihat lebih cerah. Tapi bikin muka kamu kayak abis kena tepung atau lagi pake topeng. Putih gitu doang. Biasanya hal ini lah yang menyebabkan warna kulit muka sama leher berbeda. JADI pastikan kalian pilih warna foundation yang sama dengan warna kulit kalian.. atau 1 tingkat lebih cerah yaa. Semoga setelah aku bikin post ini nggak ada lagi cewe yang salah pake foundation terlalu terang :")

Cara mengetes apakah foundation warnanya cocok atau nggak.. itu kayak gini nih girls. Ambil foundationnya sedikit, lalu dioleskan di bagian rahang sampai leher. Warna yang sama atau paling mendekati warna asli kulit kamu itu lah yang cocok sebagai foundation.


As you can see, warna yang paling mendekati warna kulit adalah foundation yang kedua dari kiri. Jadi pilih lah yang itu. Nggak usah malu buat ngecek pilihan shade nya apa aja. Walaupun mbak-mbak nya bilang itu natural, kamu coba aja dulu di kulit kamu langsung. Karena biasanya yang dipilihin mbak-mbaknya tetep aja keterangan di muka--"

Oke lanjut ya..

Lebih baik foundation berSPF atau tidak?

 Jawabannya adalah..
-Kalau siang hari lebih baik pakai yang berSPF, untuk menambah perlindungan terhadap sinar matahari.
-Kalau malam hari, sangat disarankan untuk memakai foundation yang TIDAK mengandung SPF. Kenapa? Karena malam hari kan gelap dan biasanya buat foto pasti butuh yang namanya flash. Tau apa yang terjadi saat SPF ketemu flash kamera? Muka kalian bakal keliatan seperti ini




Muka kalian bakal keliatan putih kayak pake topeng gini saat memakai foundation berSPF kemudian difoto pakai flash. Pasti nggak mau kan keliatan kayak pakai topeng gini? Makanya kalau malem hari disarankan untuk memakai foundation yang tidak berSPF :)

Last.. Pengaplikasiannya pakai apa?

Untuk pengaplikasian foundation, kalian bisa pakai salah satu di antara tools berikut ini

 
-Beauty Blender ini kayak sponge gitu deh, harus dibasahin pake air kemudian agak diperes. Ntar  jadi ngembang gitu. Cara pakainya tinggal di tap-tap di muka. Ditap-tap ya bukan diseret. Cocok buat yang mau hasil natural. Sayangnya beauty blender ini harganya cukup mahal </3

-Foundation brush. Buat yang mau hasil cepet dan flawless, kalian tinggal pakai foundation brush. Biasanya sih aku pakainya diputer di muka gitu buat nge-blend foundationnya

-Flat brush. Bentuknya tipis dan gepeng. Kalo pake brush ini, kalian ibarat ngecat muka kalian. Cocok untuk yang mau hasil full coverage. Dipakainye diseret bukan ditap-tap

-Buffing brush. Brush ini bawahnya padat dan rata gitu. Biasanya kalau aku lihat beauty guru di youtube, mereka pake buffing brush ini ditap-tap sampai foundationnya rata di muka. Cocok buat hasil super flawless dan high coverage.

Oke guys jadi segini dulu post aku kali ini. Tau kok ini tuh panjang banget. Bener-bener guide buat beginner banget nggak sih? Semoga bermanfaat ya buat kamu-kamu yang bingung gimana caranya milih foundation. Hope it helps and goodluck in finding your perfect foundation :D Oh ya bagi kakak-kakak pro yang lebih mengerti tentang makeup, boleh dong sharing-sharing di sini berbagi informasi. 

Sampai jumpa di post selanjutnya. Tunggu #BeginnerMakeupGuide ku yang lain yaa :D Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah ini. Komentarmu bikin aku semangat ngeblog :)
Byebyee :D

Note : Credit to google. Kecuali editan jenis-jenis foundation, itu aku edit sendiri.

Love,

Arda K.

You Might Also Like

13 comments

  1. Milih foundation itu kayak milih pasangan hidup, harus dicobain semua #eh XD

    Aku kulitnya termasuk yang super duper oily, tapi pakai foundation khusus oily skin justru malah gak cocok, makin oily bok, pada akhirnya pakai yang buat dry skin dan lebih bagus hasilnya .__. Kenapa bisa begitu? Entahlah~ Mari sama2 bertanya pada rumput yang bergoyang wakakakakak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Milih foundation emang susah-susah gampang sih. Lebih banyak susahnya xD
      Loh kok unik banget ya pake yang khusus buat kulit oily tapi malah bikin lebih oily. Baru kali ini denger gitu.__.emang cocok2an banget sih kosmetik itu xD
      Makasih udah mampir ya Kak Merry^^

      Delete
  2. halo arda kania. salam kenal, postingannya menarik banget. nambah ilmu tentang foundie nih. kalau aku suka pakai yang tipe liquid dan diaplikasikan pakai tangan, tinggal di-pluk-pluk gitu biar lebih cepet.#efek selalu bangun kesiangan ahahaa...

    main-main ke blog-ku yah..
    http://saycintya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo thanks for stopping by yah^^ salam kenal juga :)
      Aku juga suka pake yang liquid karena ngeblend nya gampang :3 tapi aku lebih seneng pake brush sih. Karena kalo pake jari kadang suka ga rata gitu >_<

      Oke siap meluncur ke blog kamu :D

      Delete
  3. lengkap bangeeetttt...

    eh eh, kamu sukanya aplikasiin pakai apa? aku suka pakai brush tapi suka ada fine lines gitu jadi berencana buat beli beauty blender hehe. thanks for sharing yaa^^

    www.blackxugar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung kak^^ Syukurlah kalo ini termasuk kategori 'lengkap' xD
      Aku juga suka pake foundation brush sih karena lebih praktis dan hemat waktu gituu :3 beli beauty blender aja kak. Kalo udah punya beauty blender ntar direview yaa, penasaran review ala kak Adhel gimana hihi :D

      Delete
  4. Nice post untuk para beginner make-up hehehe

    I've followed your blog, btw. Mind to follow back my blog? ^^

    http://zahra-salsa.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. Sukaaa ama tulisannyaa lengkap banget hihihi :)

    http://magellanictivity.blogspot.comm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yayy alhamdulillah kalo segini dianggap lengkap :3 terimakasih ya kak sudah berkunjung^^

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Antara jenis stick DLL, yang belum aku coba cuma no. 3 & 5 aja


    ^^


    Christinauntari.com

    ReplyDelete
  8. Kulitku jenisnya kombinasi, kadang normal to oily, kadang dry to oily, lebih pas yang pake matte atau satin ya? Karena aku pikir, kulitku lebih pas pake yang satin finish? ._.

    hollabeautievers14.blogspot.com

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare