Story Time #5 : Pengalaman Jadi Host Family

August 19, 2017


Halo semuanyaaa, Story Time balik lagi!! Kali ini aku mau berbagi cerita tentang gimana rasanya jadi Host Family. Apa itu host family? Host Family adalah keluarga asuh yang nerima 1 atau lebih Exchange Participant (EP) dari luar negri selama 6 minggu saat mereka ikut project di Indonesia. Alasanku mau jadi host family yaitu pengen dapet pengalaman baru serta pengen improve skill ngomong pake bahasa inggris.

[[Baca Juga : Story Time #4 : 2016 - A Look Back To The Past]]

Aku milih buat nerima EP dari Asia, khususnya Taiwan. Namanya Claudia Wang. Dia sampe di Indonesia tanggal 5 Juli 2017. Aku jemput dia di Bandara bareng sama keluargaku. Agak telat dikit karena Semarang selalu macet #TheStruggleIsReal :") Pertama ketemu awkward banget huhuhu aku nggak tau harus ngomong apa, akhirnya aku nanya-nanya perjalanannya berapa jam, capek atau nggak. Permasalahanku itu aku paham kalo nonton video dan baca novel berbahasa Inggris, tapi kalo udah nulis dan ngomong langsung, bubar udah itu bahasa Inggris.


Pertama nyampe di Indonesia, kita langsung makan malam di Super Penyet. Biasa lah makan ayam goreng. Itu pengalaman pertama dia makan pake tangan wkwkwk. Itu foto paling atas adalah foto pertama kita. Terus udah makan malem kita langsung ke rumah karena dia capek kan baru dateng ke Semarang.

Dia tidurnya satu kamar sama aku. Jadi di kamarku aku kasi 2 bed. Hari pertama berakhir dengan cepat. Besok paginya kita sarapan bareng terus jalan pagi keliling komplek biar nggak awkward. Tapi faktanya masih awkward lol. Hari pertama dan kedua aku selalu menghitung hari kayak "duh masih lama, aku harus ngomong apa lagi ya.."

Terus beberapa hari ke depan kita sekeluarga jalan-jalan ke Sam Poo Kong dan ke Kampung Pelangi. Pada saat itu lah aku udah nggak merasa awkward lagi dan lebih luwes ngomong bahasa Inggris.

di Sam Poo Kong

Kampung Pelangi

Kehidupan sehari-hari bareng dia di sini asik sih. Kita cewe-cewe bantuin di dapur, bantu motongin bahan makanan dan bikin makan siang. Terus dia juga di sini aku ajarin pake GOJEK gimana karena untuk projectnya dia di sini nggak mungkin kita antar jemput terus karena keluarga kita juga nggak nganggur terus. Aku juga ngajarin dia mata uang Indonesia, biar kalo mau beli apa-apa tau harus pake yang mana. Kata dia uang Indonesia banyak 0 nya makanya susah wkwkwk :))

Ada 1 hal yang sangat menarik. Personality kita tuh sama banget. Aku sama Claudia punya banyak banget kesamaan yang kalo di-list bisa kayak gini
1. Kita nggak bisa bedain kanan kiri
2. Suka tidur dan bisa tidur kapanpun
3. Sama-sama suka cerita romance
4. Suka baca webtoon
5. Mageran
6. Sama-sama nggak tau cara mulai percakapan duluan
7. Nggak bisa nangis di depan orang lain

Jadi kalo misal dia baru selesai projectnya malem dan aku juga capek abis kegiatan seharian, malem itu di kamar kita sama-sama diem. Kita bisa ngerti satu sama lain bahwa kita sama-sama capek dan nggak tau harus ngomong apa karena udah capek males mikir. Jadi ya lebih enak aja, nggak ada yang merasa diabaikan wkwkwk.

Terus buat kenang-kenangan, kita sekeluarga foto di photostudio. Abis itu aku, Claudia, sama adekku ke photobox biar lebih unyu aja dan biar bisa dipajang di kamarku.


Makin lama aku makin lancar ngomong bahasa Inggrisnya. Nggak kaku. Kadang kalo ada pronounciation dia atau aku yang kurang jelas, kita make google translate. Google translate always helps right?? xD Kita belanja makeup bareng, foto-foto, makan bareng, keliling ke kampusku, terus obrolan kita juga makin berkembang.

Yang awalnya cuma ngomong seadanya, sekarang kita bisa ngomongin buku, film, makeup, makanan, kuliah, sampe cerita tentang cowok. Mulai cerita cowok India ganteng anak AIESEC, ngomongin crush, sampe ngomongin akpol. Aku juga ngasih dia list kata-kata dasar dalam bahasa Indonesia kayak ucapan selamat pagi, siang, sore, malam, terus 3 magic words (makasih, tolong, maaf). anggota keluarga, angka, dan uang.

Untungnya dia suka sama makanan Indonesia. Aku kasih dia cilok, cimol, kerupuk, nasi goreng, mie goreng, martabak manis, martabak telor, soto, semuanya dah dia suka. Bahkan dia bisa makan paru goreng yang mana aku sendiri juga gapernah makan xD

Nggak kerasa udah berminggu-minggu dia di sini. Sampe minggu terakhir dia di sini, kita bikin farewell party ala-ala gitu buat Claudia. Kita sekeluarga ditambah 2 anak kos yang tinggal depan kamarku pergi ke tempat makan di bukit gitu, Eling Bening namanya. Kita makan siang di sana, foto-foto, dan masing-masing dari kita nyampein kesan dan pesan. Aku bilang ke dia makasih udah ada di sini, makasih udah berbagi hal-hal asik sama aku. Aku juga bilang dulu hari pertama aku selalu mikir "lama banget ya aku nggak tau harus ngomong apa", tapi sekarang tau-tau udah minggu terakhir aja.




3 hari setelah acara farewell itu udah tanggal dia harus balik. Sedih sih jujur. Both of us are sad. Tapi nggak sampe nangis sih karena emang kita ber2 nggak bisa nangis di depan orang lain wkwkkw.
Time flies so fast. Nggak kerasa 6 minggu itu ternyata cepet banget.

What I have learned from being a host family is, of course pemikiran jadi lebih terbuka karena berada di satu atap dengan orang yang beda semuanya sama aku. Selain itu aku ngerasa banget sekarang aku nggak malu ngomong bahasa Inggris. Dulu aku selalu malu ngomong pake bahasa Inggris karena sebelumnya nggak pernah praktek. Nyatanya setelah 6 minggu aku ngomong pake bahasa Inggris dari bangun tidur sampe mau tidur lagi, aku jadi lebih lancar walaupun aku kalo ngomong nggak pernah merhatiin grammar. Asal yang dengerin paham aja udah cukup ya kan. Terus juga yang awalnya aku selalu menghitung hari, makin lama makin terbiasa dan jadi nggak kerasa tau-tau udah berakhir aja.

Pertemuan terakhir kita pelukan dan aku foto bareng sama dia untuk yang terakhir kalinya. Kita juga bilang biar tetep keep in touch walaupun dia udah balik ke Taiwan.


Terus pas aku ke kamarku ternyata dapet surat dong :")))
tap to zoom
So sweet ga sih. Bagian ter sweet adalah saat dia mendoakan aku biar bisa meraih mimpiku jadi journalist dan blogger terkenal. Dia juga bilang jangan khawatir sama bahasa inggrisku karena emang aku sering ngomong ke dia "maaf ya kalo bahasa Inggrisku jelek" . Huaaaa terharu :")

Aku bisa bilang jadi host family itu menyenangkan sih. Dapet pengalaman baru dan temen baru dari luar negri itu asik. Jadi segitu dulu ya Story Time kali ini, tunggu ceritaku yang lainnya. See ya!



Love,

Arda K.

You Might Also Like

3 comments

  1. Wah, asik banget ya kayaknya jadi host family karena bisa belajar banyak hal dari guest-nya, terutama budaya. Aku baru tau loh kalo Arda dari Semarang, *highfive*, next time mungkin kita bisa meet up waktu aku ke Semarang, yay! Let's keep in touch dear :)

    xoxo,

    |CHELSHEAFLO BLOG|
    |FACEBOOK| |INSTAGRAM|

    ReplyDelete
  2. Kayaknya asik ya ka.. Jadi pengen nyobain, kita sama" suka hal baru yah^_^

    ReplyDelete

Please leave a comment down below. Thank you♡

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

OTHER ARTICLES

Makeup and Skincare